Peringati Hari Literasi Internasional, Sudin Pusip Kampanyekan Keluarga Membaca

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat

Menyemarakkan Hari Aksara Internasional atau Hari Literasi Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September 2021, berkolaborasi dengan Bebek Bercerita, Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan kampanye Keluarga Membaca untuk orang tua dan anak.

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan, untuk menyukseskan kegiatan kampanye minat baca, kolaborasi yang dilakukan dengan Bebek Bercerita serta penerbit buku anak Little Quokka Indonesia ini disebarluaskan informasinya melalui berbagai kanal, baik media sosial maupun website. Semakin banyak yang terlibat tentu akan semakin baik dalam menciptakan kebiasaan berliterasi bagi anak.

“Perayaan Hari Aksara Internasional tentu cukup spesial bagi para pejuang literasi. Sudin Pusip Jakarta Pusat juga tentunya menyambut dalam semarak berkolaborasi menumbuhkan kecintaan pada membaca,” jelas Irwan, Rabu (8/9).

Lebih lanjut Irwan menerangkan, kampanye ini bertujuan untuk menciptakan ruang interaksi antara orang tua dengan anak melalui kegiatan membaca. Selain itu, untuk menumbuhkan kebiasaan perilaku membaca sejak anak usia dini.

“Kegiatan kampanye minat baca berlangsung mulai tanggal 8 hingga 18 September 2021. Bagi tiga peserta dengan video dan caption yang menarik akan mendapatkan play activity kid dari Bebek Bercerita dan buku anak oleh penerbit Little Quokka Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Shafira Oktaviana Putri dan Meshal Edvian sebagai Co-founder Bebek Bercerita menambahkan, kegiatan kampanye dapat dilakukan dengan mudah dan asinkron di rumah masing-masing. Orang tua dapat mengikuti kampanye ini dengan langkah-langkah sebagai berikut; 1. Follow Instagram @bebek.bercerita, @littlequokka.id, @sudinpusip.jakpus, @bacajakarta. 2. Upload video anak dan orangtua sedang membaca buku bersama di Instagram dengan format IG Post atau IGTV (tidak ada batasan waktu, minimal 1 menit). 3. Sertakan hashtag #KeluargaMembaca di caption. 4. Tuliskan caption ajakan untuk membaca. 5. Jika ada sesi diskusi antara anak dan orang tua mengenai buku yang dibaca dalam video amat direkomendasikan. 6. Akun Instagram pastikan tidak di private.

“Silakan kepada anak-anak dan orang tua yang ingin mengikuti kampanye minat baca, supaya mengambil langkah-langkah seperti yang di atas. Melalui kampanye ini, diharapkan membaca menjadi salah satu kegiatan yang disukai anak sejak dini serta dapat berkontribusi pada tingkat literasi di Indonesia yang lebih baik lagi,” imbuhnya.

Baca Juga: 

Anak PAUD dan SD di Lima Kelurahan Ikut IKRA

Dorong Semangat Literasi Sudin Pusip Jakpus Gelar Bedah Buku Virtual

Sudin Pusip Jakpus Akan Gelar Bedah Buku Virtual Limitless