Pertengahan Agustus PKL Masjid Al-I'tisham Bakal Dipindahkan ke Kedai Swadarma

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Kedai Swadarma, di Jalan Karet Pasar Baru, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang. Foto: Maulana

Dalam melakukan penataan kawasan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) berkolaborasi dengan BNI dan PT Taspen telah usai membangun Kedai Swadarma, di Jalan Karet Pasar Baru, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Senin (17/7). 

"Tujuan dibangunnya Kedai Swadarma ini adalah untuk menata para pedagang, serta berkat kolaborasi Pemkot, BNI, dan PT Taspen. Terlebih kawasan ini masuk Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, di lokasi. 

Lebih lanjut, Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, selama pembangunan Kedai Swadarma para pedagang direlokasi ke halaman Masjid Al-I'tisham.

“Pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya berjualan di sepanjang Jalan Abdul Jalil nantinya akan kita pindahkan ke Kedai Swadarma. Sementara, saat pembangunan para pedagang bisa tetap berjualan di halaman Masjid Al-I'tisham,” terangnya. 

Baca Juga: 

Pembangunan Gedung Swadarma Dimulai Tahun Depan

Gedung Swadarma Siap Dibangun

MoU Pengelolaan Gedung Swadarma Ditandatangani

Menurutnya, para pedagang bisa mulai menempati Kedai Swadarma pada pertengahan bulan Agustus mendatang. Dan halaman masjid yang dipakai pedagang bisa dikosongkan.

“Targetnya sih pertengahan bulan Agustus ini, secara fisik gedungnya sudah jadi tinggal melengkapi kelengkapan lain yang kurang,” tuturnya. 

Dia berharap, nantinya pedagang yang akan menempati tempat baru ini bisa menjaga kebersihan gedung. 

“Harapannya supaya pedagang kaki lima semakin maju dan naik kelas, jadi setelah menempati tempat baru ini mereka harus menjaga kebersihan gedung. Nantinya juga mereka akan dibina agar dalam melayani konsumen bisa menjaga higienis makanannya termasuk mungkin memakai seragam, dan celemek,” jelas Bakwan Ferizan Ginting. 

Sementara itu, Perwakilan BNI Dede menambahkan, pembangunan Kedai merupakan salah satu bentuk kolaborasi dengan pemkot dalam menata lingkungan.

“Ini merupakan komitmen kami dalam meningkatkan pelayanan dengan menata lingkungan menjadi lebih baik serta sebagai bentuk meningkatkan UMKM dan PKL agar tidak menimbulkan kemacetan,” ucap Dede.

Untuk diketahui, Kedai Swadarma ini dibangun oleh BNI. Nantinya seluruh pedagang di Kedai Swadarma ini akan dikelola oleh Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.