Sidak Supermarket Petugas Temukan Pangan Kadarluarsa

Jakarta Pusat, -- Berbagai bahan Pangan Asal Hewan (PAH), dan sayuran beku ditemukan kadarluarsa di salah satu supermarket di kawasan Apartemen Mediterania Kemayoran, Jakarta Pusat.

Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) bersama dengan Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM), Satpol PP, TNI dan Polri ini dalam rangka memastikan ketersedian bahan pangan di Supermarket layak dikonsumsi jelang hari raya Imlek.

Kasudin KPKP Bayu Sari Hastuti menegaskan, saat sidak berlangsung pihaknya menemukan 60 Kg produk PAH yang tidak layak dikonsumsi. Selain karena sudah tidak segar lagi untuk dikonsumsi ternyata produk pangan tersebut kadarluarsa. Diantaranya 20 Kg ikan, 3 Kg udang, daging sapi 3 Kg, hati sapi 2 KG, sayap ayam 4 Kg. Selain produk PAH, berbagai sayuran beku seperti jamur kemasan, dan jagung sudah kadarluarsa sejak November 2016 lalu, namun masih terus dijual.

“Produk makanan ini berbahaya bila dibiarkan, kita temukan makanan yang sudah kadarluarsa , daging yang tidak segar. Semua bahan pangan langsung kita musnahkan di lokasi dengan cairan kimia agar tidak dijual kembali pasca sidak ini,” terangnya di lokasi.

Lebih lanjut, menurut Bayu, Praktik-praktik menjual bahan pangan kadarluarsa seperti ini memang sering kali dilakukan pihak supermarket. Maka dari itu pihaknya rutin mengelar sidak ke supermarket di wilayah Jakarta Pusat. Terkait, sangsi yang akan diberikan pihaknya pada pengelola supermarket yang masih membandel, saat ini masih dilakukan pembinaan.

“Kita monitoring dulu secara intensif dan lakukan pembinaan, bila masih banyak yang membandel. Akan kami adakan evaluasiperizinanya,” tegasnya.

Sementara itu, saat sidak berlangsung di supermarket salah satu petugas supermarket langsung pergi membuang daging tak layak jual yang masih ditaruh dalam etalase untuk dijual. Namun, hal tersebut langsung diketahui petugas.

 

Kominfotik Cds-Nel

Foto-Eta


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait