Sudin Kehutanan Jakpus Targetkan Tanam 200 Pohon Tabebuya Pink

Penanaman 200 pohon tabebuya pink di sepanjang Jalan Cikini Raya, Menteng oleh Suku Dinas Kehutanan Jakpus. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat menargetkan penanaman 200 pohon tabebuya pink di sepanjang Jalan Cikini Raya, Menteng.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menegaskan, Dinas Kehutanan DKI harus mendukung program KSD Gubernur. Terlebih, kegiatan tersebut merupakan konsep kajian antar UKPD dalam rangka menciptakan pedestrian yang terintegrasi.

"Perlu kajian bersama untuk optimalisasi fungsi, estetika dan keindahan kota. Ada titik tertentu untuk menciptakan ruang publik yang nyaman," terangnya, Senin (23/9). 

Sementara itu, Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Kehutanan Jakpus Budi Hidayat mengatakan, pihaknya sudah menanam sebanyak 50 pohon pelindung tabebuya pink di tiga spot Jalan Cikini Raya. 

"Nantinya, tanaman perdu yang akan mendampingi tabebuya pink adalah bougenvile dan soka sekitar 10 ribu tanaman. Tanaman hias jenis bougenvile juga bisa mengurangi polusi," ucapnya. 

Selain terkendala pengiriman pohon, program KSD Gubernur di Jalan Cikini Raya juga terkendala puing material bekas pelebaran pedestrian. "Kita koordinasi ke Bina Marga karena ada puing di area taman. Bahkan terakhir ditemukan puing aspal, sehingga minyak oli mengganggu kesuburan tanaman," katanya. 

Penanaman pohon di Cikini dilakukan oleh 21 orang Satgas. Untuk penanaman sendiri, Satgas Kehutanan Jakpus terpaksa menggali tanah sedalam 1 meter untuk menanam tabebuya. Untuk perawatan ke depan, pihaknya akan merekrut tenaga pemeliharaan rutin khusus di taman jalur Jalan Cikini. Saat ini, ia hanya manfaatkan Satgas yang ada. 

"Wilayah Jakpus identik dengan tabebuya pink. Tabebuya jenis ini mampu bertahan hingga puluhan tahun. Kita juga minta Sudin LH beri dukungan pupuk untuk tanaman," harapnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait