Panen Serentak di 31 Lokasi di Jakarta Pusat

Panen di Hijau Daun RT 010 RW 03, Cempaka Putih Timur. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menggelar Panen Serentak,Senin (30/11) di 228 titik yang tersebar di enam wilayah kota/kabupaten administrasi di Provinsi DKI Jakarta. Di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat sendiri panen hasil pertanian, perikanan, dan peternakan ini dilangsungkan di 31 lokasi.

Dari 31 titik tersebut, 18 di antaranya adalah pada lokasi kelompok pertanian, sembilan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), dua kantor pemerintahan, satu sekolah, dan satu sekretariat PKK. Kegiatan ini terhubung secara virtual melalui konferensi video. 

Secara simbolis, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bakwan Ferizan Ginting di lokasi Kelompok Tani Hijau Daun, RT 010 RW 03 Kelurahan Cempaka Putih Timur. 

“Pertanian perkotaan atau urban farming ini sekarang sudah semakin banyak kita temui. Di masa pandemi, kegiatan ini sangat positif untuk membantu warga dalam mendapatkan bahan pangan,”ujarnya.

Lebih lanjut, Bakwan Ferizan Ginting mengapresiasi kelompok tani maupun pengelola RPTRA yang sudah melakukan budidaya. “Di Jakarta Pusat sendiri hari ini diperkirakan memanen sekitar 403 kilogram sayuran dan 49 kilogram ikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Rita Septiani Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun menjelaskan bahwa kegiatan panen seperti ini rutin dilakukan. “Kami melakukan pengaturan masa tanam, sehingga setiap hari Sabtu kami melakukan panen dan membagikan hasilnya ini gratis kepada warga sekitar,” jelasnya.

Panen di KWT Hijau Daun sendiri hari ini menghasilkan 130 kilogram sayuran yang terdiri dari samhong dan bayam merah. (Kominfotik JP/SAF)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait