Tahun Ini Rembuk RW Diminta Tentukan Tiga Prioritas Pembangunan

Kepala Suku Badan Perencanaan dan Pembangunan, Tulus Ludyo Setiawan. Foto: Nel

Jakarta Pusat, -- Pelaksanaan Rembuk RW ditingkat wilayah Jakarta Pusat (Jakpus) diminta menentukan tiga prioritas pembangunan dari sembilan prioritas pembangunan yang tersedia di e-Musrenbang (elektronik- Musyawarah Perencanaan Pembangunan).

Hal ini disampaikan, Kepala Suku Badan Perencanaan dan Pembangunan, Tulus Ludyo Setiawan, saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (6/1).

Menurutnya, ada perbedaan pelaksanaan Rembuk RW dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu perangkat RW bisa mengajukan kegiatan dari sembilan program prioritas pembangunan yang ada. Tahun ini program kegiatan yang diajukan harus sesuai dengan tiga prioritas pembangunan yang dipilih.

"Jadi di awal sudah disepakati dulu tiga prioritas pembangunan di tingkat RW yang ada apa saja. Baru kemudian ditentukan usulan kegiatan yang berkaitan dengan tiga prioritas pembangunan itu," ungkapnya.

Tulus menegaskan, jika sudah menentukan tiga prioritas pembangunan, warga tidak boleh lagi mengajukan usulan kegiatan diluar tiga prioritas pembangunan yang diajukan. Selain itu, tiga prioritas pembangunan yang ditentukan di tingkat Rembuk RW tidak boleh berbentuk fisik seluruhnya.

"Jadi perlu juga diperhatikan komposisinya, dari tiga prioritas yang dipilih tidak boleh fisik semuanya, harus ada non fisik," jelasnya.

Tulus mengharapkan, dengan adanya tiga prioritas pembangunan yang sudah ditentukan di awal Rembuk RW dapat membuat usulan kegiatan yang diajukan lebih mengerucut. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait