31 Kuda Delman di Monas Positif Tetanus

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 31 kuda delman di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir Jakarta Pusat positif mengidap bakteri Tetanus. Hal tersebut diketahui setelah Suku Dinas (Sudin) Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP), serta Sudin Kesehatan dan Satpol PP Jakarta Pusat, Minggu (6/3) merazia semua delman.

Dari keterangan Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat, Mulyadi mengatakan pemeriksaan telah dilakukan. Semua delman diperiksa di dalam kawasan Monas Jalan Merdeka Timur, satu persatu hewan diarahkan masuk ke dalam. Sebanyak 25 petugas yang tengah menanti langsung lakukan pemeriksaan hewan.

"Kita periksa 31 kuda delman, ternyata semua positif tetanus. Kondisi kuda juga sangat tidak terawat hingga mengkhawatirkan bakteri tetanus bisa menyebar kepada warga khususnya pengunjung Monas," jelas Mulyadi.

Pemeriksaan dilakukan 5 tahap, diantaranya pemeriksaan mulut, suhu, jantung, kotoran, kulit. Petugas mengambil sempel dari kulit dan kotoran kuda, dimana kuda terjangkit bakteri tersebut. Pemeriksaan kali ini merupakan lanjutan dari pemeriksaan beberapa waktu lalu. Mulyadi juga mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap jusir juga dilakukan, mereka di periksa oleh Sudin Kesehatan.

"Kusir juga ikut diperiksa. Semua hasil pemeriksaan ini akan di sampaikan kepada Walikota Jakarta Pusat. Penertiban semua ada di tangan beliau yang jelas hewan disini penyakitan," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jakarta Pusat, Ian Sofyan menyatakan jajarannya siap lakukan penertiban. Pasalnya memang keberadaan delman melanggar Peraturan Daerah (Perda) 8 tahun 2007 keberadaannya sangat menggangu.

"Kalau ada intruksi Walikota langsung kita tertibkan," tutupnya. (Christ)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait