Cegah Pedofil di RPTRA Mangara Perintahkan Camat Lurah Awasi RPTRA

Jakarta Pusat, -- Guna mencegah adanya ancaman pedofilia di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) menyusul adanya pemberitaan mengenai potensi masuknya para pedofilia di RPTRA. Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Mangara Pardede memerintahkan Camat dan Lurah untuk mengawasi RPTRA termasuk mengigatkan para pengelola RPTRA untuk waspada.
Pihaknya menegaskan, esensi utama dari keberadaan RPTRA adalah segala aktivitas yang ada di RPTRA harus ramah pada anak. Dimana selama anak bermain di RPTRA ada jaminan keselamatan untuk mereka.

"Camat dan Lurah harus waspada, ingatkan pengelola RPTRA untuk mengawasi anak terlebih bila ada orang asing mendekati anak harus diiperhatikan," ungkapnya.

Selain itu, Mangara juga mengingatkan agar pengelola RPTRA memastikan CCTV berfungsi, sekaligus melakukan pemantauan setiap harinya.

Terkait upaya lain seperti pendidikan seksual sejak dini pada anak, Mangara menegaskan para pengelola RPTRA telah diberikan pelatihan bagaimana menangani masalah anak-anak termasuk menginformasikan ancaman pedofilia pada anak.

Sementara itu, Camat Gambir Fauzi menegaskan akan melakukan sejumlah antisipasi terhadap potensi pedofilia di seluruh RPTRA yang ada diwilayahnya. Mulai dari mengoptimalkan peran pengelola RPTRA, meningkatkan kordinasi dengan RT/RW setempat guna meningkatkan peran serta masyarakat mengantisipasi bahaya pedofilia pada anak, serta pemberdayaan masyarakat. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan keamanan diseluruh kawasan RPTRA.

"Kita akan kerahkan petugas Satpol PP  untuk melakukan patroli dan penjagaan terutama pada jam malam," singkatnya.

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait