Gerai Makanan di Stasiun Gambir Dijamin Higienis

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) bekerjasama dengan Kasubdit Pangan dan Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Sudin Kesehatan Jakpus, Kecamatan Gambir, Puskesmas Kecamatan Gambir, serta pengelola Stasiun Gambir memberikan jaminan higienis pada gerai makanan yang ada di Stasiun Gambir. Jaminan berupa pemasangan stiker higienis ini langsung diberikan pada gerai makanan yang telah lolos assesmen higienis dari Kementerian Kesehatan.

Kasubdit Pangan dan Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Tutut menerangkan, ada 41 gerai makanan yang diassesmen pihaknya untuk dilakukan pengambilan sample dan pengujian klinis terhadap berbagai parameter higienis diantaranya; sarana dan prasarana peralatan harus memenuhi persyaratan, sarana sanitasi, kompetensi para penyaji makanan, pengelolaan bahan makanan mulai dari mentah dan matang yang harus terpisah, serta tanggal Kadaluarsanya.

“Semua yang menimbulkan resiko kesehatan juga kami pantau, karena tujuan utama dari assesmen ini melindungi masyarakat agar masyarakat mengkonsumsi makanan yang kesehatan dan kebersihannya terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Pihaknya menegaskan, dari 41 gerai makanan yang dinilai, tidak semua gerai memenuhi persyaratan higienis sehingga tidak bisa mendapatkan stiker higienis. Gerai yang belum memenuhi persayaratan higienis ini akan diberikan waktu hingga 6 bulan kedepan untuk memperbaiki kesehatan dan kualitas dari makanan yang dijual ke konsumen.

“Ada kurang lebih 70 persen yang mendapatkan stiker dari 41 gerai makanan yang ada disini. Jumlah itu sudah cukup baik, tinggal yang belum mendapatkan stiker, terus berusaha mengejar. Kita akan berikan stiker langsung jika selama rentang waktu 6 bulan ini gerai tersebut bisa memenuhi kriteria,” terangnya.

Ditempat yang sama Camat Gambir Fauzi menegaskan, sudah menjadi kewajiban Pemkot memberikan layanan pada masyarakat terkait jaminan higienis pada gerai makanan yang ada di Stasiun Gambir. Sehingga, pemerintah dapat memastikan kesehatan masyarakat pengguna jasa kereta api yang mengkonsumsi makanan di Stasiun Gambir. Tidak hanya Stasiun Gambir, pemberian stiker higenis ini juga telah dilakukan sebelumnya di Stasiun Juanda, pasar-pasar, dan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Gambir.

“Tentunya dengan pemberian stiker higienis ini, diharapkan seluruh makanan yang dijual di seluruh gerai yang ada di Stasiun Gambir ini layak dan sehat untuk dikonsumsi. Bahkan ke depan, bila pemilik gerai konsisten dan terus menigkatkan standar higienis dan kualitas, bukan hanya penguna jasa kereta api saja yang membeli makanan disini. Tetapi masyarakat lainnya yang tidak mengunakan jasa kereta api akan kesini, karena mengetahui gerai makanan yang ada disini dijamin higienis,” ungkapnya.

Kedepannya, pihaknya bersama dengan Puskesmas Kecamatan Gambir akan terus melakukan pemantauan sebagai tindak lanjut dari pemberian stiker higienis ini. Fauzi juga menekankan, bagi gerai makanan yang belum mendapatkan sertifikat higienis agar segera memperbaiki kekurangan selama 6 bulan ke depan.

“Bagi yang belum menerima stiker higienis tidak perlu berkecil hati, tentunya ini masih ada aspek yang belum dipenuhi, Masih ada 6 bulan untuk memperbaiki aspek apa saja yang belum dipenuhi,” pungkasnya.

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait