Kecamatan Kemayoran Gelar Operasi Pemeriksaan Pangan

Tim gabungan Kecamatan Kemayoran gelar operasi pemeriksaan bahan makanan takjil dipimpin Camat Kemayoran, Asep Mulyaman dan Kepala Puskesmas Kemayoran, dr. Buana, di Pasar Sumur Batu, Kelurahan Sumur Batu, Jakarta Pusat, Rabu (15/5). Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Tim gabungan Kecamatan Kemayoran gelar operasi pemeriksaan bahan makanan takjil dipimpin Camat Kemayoran, Asep Mulyaman dan Kepala Puskesmas Kemayoran, dr. Buana, di Pasar Sumur Batu, Kelurahan Sumur Batu, Jakarta Pusat, Rabu (15/5).

Menurut Camat Kemayoran operasi pangan bahan makanan takjil ini dilakukan untuk memberikan perlindungan konsumen. “Kami melakukan pemeriksaan bahan pangan, apakah makanan ini mengandung zat yang berbahaya atau tidak, sehingga konsumen merasa aman dan nyaman saat berbelanja,” katanya

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kemayoran, dr. Buana menjelaskan kegiatan operasi pemeriksaan bahan pangan makanan takjil ini dilakukan rutin setiap tahun pada saat bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri, serta event tertentu.

“Kegiatan ini di gelar untuk memberi pembinaan terhadap pedagang agar tidak menjual bahan pangan makanan takjil yang mengandung zat kimia seperti boraks, zat pewarna rodamint, formalin serta zat lainnya,” jelasnya.

Kepala Puskesmas Kemayoran ini mengungkapkan, hasil pemeriksaan uji laboratorium dari 18 sampel bahan makanan takjil ditemukan dua positif mengandung zat berbahaya yaitu, mie basah dan agar-agar merah.

“Makanan yang mengandung zat berbahaya sudah diamankan oleh Pasar Sumur Batu untuk dimusnakan. Saya juga berharap kepada para pedagang supaya jeli membeli bahan yang akan dijual, dari supplier yang benar-benar menjual bahan pangan yang tidak mengandung zat berbahaya. Agar pedagang saat berjualan enak dan nyaman sehingga konsumen tidak dirugikan,” tandas Buana. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait