Kualitas Udara Bersih, Diharapkan Jakpus Dapat Peringkat Pertama

Jakarta Pusat, -- Diharapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat bisa mendapatkan peringkat pertama dalam penilaian uji emisi kendaraan Evaluasi Udara Perkotaan (EKUP) tingkat nasional. Pasalnya tahun 2015 Jakarta Pusat mendapatkan peringkat ketiga.

Menurut Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup (KKPLH) Jakarta Pusat, Rahmat Bayangkara berharap masyarakat mau memeriksakan kendaraan mereka. Apalagi pemeriksaan kendaraan yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup bersama Badan Pengelola Lingkungan Hidup DKI Jakarta secara gratis.

“Pemeriksaan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Masyarakat juga tidak perlu khawatir, jika mobil mereka tidak lulus uji emisi tidak akan dikenakan sangsi,” ucap Rahmat saat ditemui disela-sela pemeriksaan kendaraan di Jalan Asia Afrika,  Jakarta Pusat, Selasa (17/5) siang.

Ditargetkan pemeriksaan kendraan di lokasi ini bisa mencapai 600 kendraaan yang diperiksa, dan kita tidak memaksakan pemilik kendaraan untuk memeriksakan kendaraan mereka.  Nantinya pemilik kendaraan akan diberikan kartu apakah kendaran mereka lulus atau tidak. Jika kendaraan mereka tidak lulus hal yang harus dilakukan seperti service, ganti saringan udara, ganti oli, perbaiki kualitas emisi gas buang.

“Kita menggandeng beberapa bengkel resmi untuk pemeriksaan uji emisi. Mobil yang diperiksa menggunakan bahan bakar bensin dan dan solar,” terangnya.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait