Meminimalisir Genangan, Normalisasi Saluran Terus Dilakukan

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat terus melakukan normalisasi saluran guna meminimalisir genangan. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Jelang musim penghujan, Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat terus melakukan normalisasi saluran guna meminimalisir genangan.

Berdasarkan data yang dihimpun, saat ini sebanyak 66 titik lokasi dalam tahap pengerjaan normalisasi saluran. Salah satu pengerjaan normalisasi saluran terdapat di Jalan Serdang Raya, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Saluran yang akan diperbaiki sepanjang 600 meter, saat ini sudah mencapai 290 meter pengerjaan normalisasi. Titik lokasi saluran berukuran kecil jumlah terbanyak ada di wilayah kemayoran. Sekarang masih dikerjakan oleh 21 Satgas SDA Jakarta Pusat," ungkap Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Pusat, Glenn Santista, Selasa (17/12).

Glenn menjelaskan, saluran yang dinormalisasi merupakan hasil Musrenbang tahun 2018. Sebelumnya, saluran ini hanya memiliki kedalaman 60 centimeter dan lebar 60 centimeter. Saat ini kedalaman saluran diperbesar menjadi 80 centimeter dan lebar 80 centimeter.

"Warga mendukung kegiatan ini. Saluran dilebarkan untuk menampung volume air agar tersalurkan ke kali. Material kita pakai U-dictch dengan tutup plat beton. Hambatannya hanya banyak inrit dan utilitas. Seluruh inrit dibongkar, agar bisa memasukkan U-dictch menggunakan eskavator kecil," terangnya.

Normalisasi 66 titik saluran tersebut, lanjutnya, ditargetkan selesai pada akhir Desember 2019. Sementara itu, sebanyak 500 titik saluran di Jakpus juga sudah rampung dinormalisasi Sudin SDA Jakarta Pusat. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait