Pembangungan Pasar Benhil Dimulai

Jakarta Pusat, -- Pasar tradisional Benhil (Bendungan Hilir), Tanah Abang, Jakarta Pusat, akan diubah menjadi pasar modern. Nantinya pasar tersebut akan mempunyai fasilitas seperti trade center, hotel dan perkantoran, Rabu (26/10). Tak hanya itu, pasar dengan luas 1,5 Ha tersebut juga direncanakan terintegrasi dengan MRT.

"Ini bukan main-main, Benhil Central ini bukan hanya menyangkut pasar tradisional, tapi juga kios-kios dan kemudian tergabung dengan apartemen, juga perkantoran," ucap Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat, didampingi Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede usai melakukan peletakan batu pertama (groundbreking) di Pasar Benhil, Jalan Jendral Sudirman, Jakpus.

Masih kata Djarot, pembangunan Benhil Center tersebut, sebagai bentuk pemanfaatan lahan secara vertical dikarenakan kalau di Jakarta tidak bisa lagi horizontal. Nantinya pasar ini akan mempunyai 45 lantai, 9 lantai sebagai tempat usaha retail dan trade center.

"Sementara itu 14 lantai untuk hotel dan 16 lantai untuk perkatoran,” katanya. Masih di lokasi yang sama, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, menambahkan meski berkonsep modern, Benhil Center akan memiliki keunikan sendiri dimana tradisi tawar menawar antar pedagang dengan pembeli akan tetap berlangsung.

"Ini menjadi pembeda sendiri dengan pasar modern lainnya," ucap Arief.

Sementara itu, untuk proyek pembangunan yang dikerjakan PT Kurnia Reality Jaya dengan dana sebesar Rp2 triliun tersebut memiliki biaya sewa yang disesuaikan dengan jenis usahanya.

“Sekitar Rp250-600 ribu per bulan dengan hak pakai selama 20 tahu,” jelasnya.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait