Pemkot Jakpus Akan Gelar Kontes Ikan Hias Jenis Mas Koki

Kepala Seksi Pertanian Sudin KPKP Jakarta Pusat, Sunarto. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Kelautan Jakarta Pusat akan menggelar kontes ikan hias jenis mas koki di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Jakarta Pusat dalam waktu dekat.

Tujuan lomba ini dipertandingkan dengan harapan bisa mendongkrak pangsa ikan hias, terutama jenis mas koki.

"Diharapkan bisa menaikan nilai tambah untuk pemasaran mas koki. Kondisi pemasaran ikan hias secara umum kurang, digairahkan dengan kontes ini," terang Kepala Seksi Pertanian Sudin KPKP Jakarta Pusat, Sunarto di kantornya, Senin, (16/9). 

Menurutnya, kontes ikan hias tingkat kota merupakan kegiatan kali pertama yang digelar Sudin KPKP Jakpus. Kontes ikan ini hasil kerjasama komunitas KP2MJ (Klub Pembudidaya dan Pedagang Mas Koki Jakarta). 

Para peserta yang ingin mendaftar, kata Sunarto, dapat memilih berbagai kategori. Mulai kategori oranda, rancu, rayukin, open, breeder, dan champion. Tiap kategori dibagi menjadi tiga kelas, yakni kelas baby, junior, dan senior. 

"Nanti masing-masing kategori memperoleh juara 1, 2 dan 3. Total pemenang dari tiap kelas kategori berjumlah 43 peserta," tambahnya. 

Kegiatan ini, lanjutnya, menargetkan 100 peserta dari komunitas ikan dan masyarakat umum. "Peserta dari peternak ikan hias, komunitas, dan indivindu. Kontes ini diharapkan dapat disaksikan masyarakat karena ada bazar juga. Setelah mengikuti kontes, harga ikan tersebut akan lebih bernilai," paparnya. 

Nantinya, ungkap Sunarto, kontes akan berlangsung selama tiga hari dan dimeriahkan bazar produk olahan pertanian. Adapun penilaian meliputi anatomi tubuh (bentuk badan), kepala, sirip, warna (harus solid), kesehatan dan gaya berenang. 

"Kategori breeder, penilaian dari keseragaman (empat ekor) menjadi satu. Untuk kategori lainnya masing-masing 1 ekor," tutupnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait