Pemkot Jakpus Dukung Job Matching Bagi Lulusan SMK

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) mendukung job matching bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diadakan SMK 14 Jakpus bersama SMK lainnya yang ada di Jakpus.

Asisten Kesra Jakpus Fahmi mengungkapkan, kegiatan job matching yang diadakan SMK 14 ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mengurangi angka penganguran di Jakarta terutama para lulusan SMK yang belum memiliki pengalaman kerja. Dengan adanya kegiatan ini, pencari kerja yang notabene lulusan SMK dan STM dapat langsung bertemu dengan perusahaan pencari tenaga kerja secara langsung di satu lokasi.

“Selain bisa memberikan lapangan pekerjaan, sekaligus mengurangi penganguran. Kegiatan ini dapat meringankan biaya pencari kerja karena dalam satu lokasi terdapat puluhan perusahaan,” ungkapnya.

Untuk mendukung penuh acara ini, Pemkot Jakpus akan terjun langsung melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas serta penyediaan parkir bagi pengunjung selama kegiatan berlangsung pada 20 September mendatang. Menurutnya, selain menyiagakan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan petugas Sudin Perhubungan Jakpus, acara ini akan dihadiri Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK 14 Suyamti menerangkan, kegiatan job matching ini akan diikuti 50 perusahaan penyedia lapangan kerja dan 70 sekolah yang ada di DKI Jakarta. Acara serupa juga pernah diadakan pihaknya tahun lalu, namun saat itu hanya 20 perusahaan yang dapat bergabung dalam kegiatan Job Matching ini. Tahun ini pihaknya ingin menampilkan job matching yang lebih baik dengan menghadirkan lebih banyak perusahaan. Selain itu kegiatan job matching ini terselengara dengan dukungan Direktorat SMK Kementrian Pendidikan.

“Pada dasarnya kami ingin siswa-siswi SMK ini bisa mendapatkan pekerjaan, sebab sekolah SMK ini memang outputnya lulusannya bekerja. Maka dari itu kita buat Job Matching ini kebetulan kita juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah SMK lain di Jakpus untuk menjaring perusahaan rekanan,” terangnya.

Pihaknya juga menerangkan 50 perusahaan yang akan ikut dalam kegiatan ini merupakan perusahaan rekanan yang dimiliki oleh beberapa SMK di Jakpus. Masing-masing sekolah, lanjut dia melakukan kerjasama dengan masing-masing perusahaan yang ada untuk bergabung dalam job matching ini. 

“Nantinya sejumlah perusahaan ternama akan bergabung dengan job matching ini diantaranya Indomarco, Suzuki, Panasonic, dan Toyota,” tandasya.

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait