Ratusan Pendamping Rembuk RW Jalani Pembekalan

Jakarta Pusat, -- Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Subanpeko) Jakarta Pusat (Jakpus) memberikan pembekalan pada 389 pendamping rembuk RW, di Kantor Wali Kota Jakpus, Jumat (7/12).

Kasubanpeko Jakpus, Ahmad Saelani menerangkan pembekalan ini dilakukan mulai dari 4-14 Desember 2018. Selama pembekalan, sejumlah materi akan diberikan pada peserta diantaranya; kebijakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), mekanisme Musrenbang, dan sistem e-Musrenbang.

“Materi ini diberikan, karena nantinya para pendamping RW ini akan terjun langsung di setiap RW se-Jakpus untuk mendampingi warga pada saat rembuk RW berlangsung. Sebelumnya mereka juga telah melalui proses seleksi,” ungkapnya, Jumat (7/12).

Saelani menjelaskan, tujuan dari pendampingan rembuk RW ini untuk memfasilitasi warga dalam pelaksanaan rembuk RW agar menghasilkan usulan yang berkualitas. Sebab, usulan itu nantinya akan diteruskan secara berjenjang dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020. Dalam rembuk RW ini para pendamping akan mengidentifikasi permasalahan, penentuan kebutuhan, serta perumusan usulan dan solusi.

“Diharapkan dengan adanya pendamping rembuk RW dapat meningkatkan serapan usulan kebutuhan warga dari rembuk RW sampai pada penyusunan RKPD 2020. Sekaligus meningkatkan realisasi pelaksanaan program kegiatan SKPD/UKPD di Jakpus,” tandasnya.

 

Kominfotik JP/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait