Ratusan Warga dan PPSU Dapat Pelatihan Pemadaman di Kelurahan Petamburan

Jakarta Pusat, -- Ratusan warga dan petugas Penanganan Prasarana dan sarana Umum (PPSU) Kelurahan Petamburan mendapat pelatihan simulasi pemadaman. Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Pusat memperagakan pemadaman di halaman kantor Kelurahan, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (22/9).

Dari pantauan di lapangan, petugas PKP Jakarta Pusat memberikan pemaparan bagaimana cara melakukan pemadaman dan penggunaan alat apar terlebih dahulu. Setelah itu, petugas PKP Jakarta Pusat meminta warga dan PPSU untuk langsung mempraktekkan cara menanggulangi pemadaman api.

Menurut Lurah Petamburan, M. Rodi sangat senang dengan adanya pelatihan simulasi pemadaman terhadap warga dan PPSU. Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan warga dan PPSU sudah bisa lakukan pencegahan secara dini terhadap lingkungan.

"Tadi diajarkan materi teknik pemadaman dan langsung praktek. Kita harap PPSU juga yang sering muter wilayah sudah punya bekal cara lakukan pemadaman terlebih dulu. Mereka itu ujung tanduk sebelum petugas pemadam datang," papar Rodi saat ditemui di sela-sela simulasi di halaman kantornya, Kamis (22/9).

Masih kata Rodi, langkah pembekalan ilmu terhadap 100 peserta diharapkan bisa langkah pencegahan awal dalam kebakaran. Apalagi pada tahun 2016 wilayah Petamburan dengan jumlah penduduk yang mencapai 38.318 jiwa sudah tiga kali terjadi kebakaran.

"Penyebab kebakaran umumnya karena korsleting listrik, kompor meledak. Saja juga minta kepada warga agar memperhatikan pemasangan instalasi listrik dengan baik dirumah mereka," imbuh Rodi.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait