Steriliasi Hewan Kucing Lokal di Kantor Camat Menteng

Steriliasi hewan kucing lokal di Kantor Camat Menteng. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Puluhan warga Menteng, Jakarta Pusat berbondong-bondong mendatangi Kantor Kecamatan Menteng untuk mendapat pelayanan sterilisasi hewan kesayangan mereka, Rabu (30/10).

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti mengatakan, jajaran Sudin dan Dinas menggelar steriliasi hewan kucing lokal yang langsung disterilisasi oleh delapan dokter.

"Dokter kita ada delapan yang berasal dari Dokter Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Sudin dan Dinas KPKP Jakarta Pusat," terang Bayu. 

Sambung Bayu, sebelumnya sosialisasi telah dilakukan jajaranya melalui Lurah, FKDM, dan LMK. Tujuan sterilisasi ini sebagai bentuk mengurangi jumlah populasi berkembang biak Hewan Penular Rabies (HPR).

"Hari ini ada 136 kucing yang disterilisasi. Kita pilih kucing karena populasi mereka cukup besar dan kucing jantan kita pilih karena dia yang membuahi," terang Bayu.

Salah satu dokter hewan Sudin KPKP Jakarta Pusat, Ira  mengungkapkan, hewan yang hendak disterilisasi jangan diberikan makan terlebih dahulu. 

"Kucing ini dibius, kemudian dilakukan pengangkatan buah zakar kucing jantan. Kucing harus berumur delapan bulan, lokal dan tidak dalam keadaan sakit. Efeknya nanti kucing biasanya akan lebih gemuk dari sebelum disterilisasi," terangnya.

Sementara itu, Camat Menteng, Edi Suryaman mengatakan jajannya sangat senang dengan adanya kegiatan ini dengan itu populasi hewan khususnya kucing bisa ditekan.

"Warga di sini sangat senang dengan pelayanan sterilisasi ini. Kalau di Menteng sih pertumbuhan kucing tidak terlalu besar," terangnya 

Di tempat yang sama, Yuni (65) salah satu warga Menteng mengapreasi langkah pemerintah dalam program sterilisasi kucing. Dirinya pun mengaku seluruh kucing jantan yang dipeliharanya sudah disterilkan.

"Ini program bagus, dengan ini bisa menekan laju pertumbuhan kucing. Di rumah saya ada lima kucing jantan sudah disterilkan dan tiga hewan kucing betina," tutupnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait