Sudin KPKP Panen Sayur Hasil Pertanian Perkotaan

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat bersama para pejabat memanen sayur mayur, di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (7/1). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat memanen sayur mayur yang merupakan bagian dari program urban farming (pertanian perkotaan) di tiga lokasi.

"Ini bertujuan guna menata dan menghijaukan lingkungan agar lebih asri, bersih serta menyediakan pangan khususnya sayuran bagi masyarakat sekitar," jelas Bayu Sari Hastuti, Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat, Senin (7/1).

Panen ini sendiri, lanjutnya, dilakukan di lahan hidroponik Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Gang Hijau RW 03 Kelurahan Petojo Utara dan di RPTRA Taman Kenanga.

"Untuk di kantor wali kota dengan hidroponik panen lima kilogram kangkung. Kalau di Gang Hijau penanaman dengan konvensional, panen sembilan kilogram kangkung. Sedangkan, di RPTRA Taman Kenangan panen pakcoy tiga kilogram, dan pakcoy sendok 1,5 kilogram," paparnya.

Ditambahkan Bayu, selain bisa meningkatkan gizi masyarakat, urban farming juga dapat menambah pendapatan warga.

"Hasil panen dijual ke masyarakat sekitar Rp 12 ribu per kilogram," tandasnya. (as)

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait