Sudin KPKP Pastikan Hewan Kurban di Tanah Abang Sehat

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 41 ekor sapi dari empat pedagang hewan qurban di KH. Mas Mansyur, tepatnya berada di seberang kantor kecamatan Tanah Abang dilakukan pemeriksaan oleh Suku Dinas Kelautan Perikanan, dan Ketahanan Pangan (KPKP), Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Bayu Sari Hastuti menerangkan pemeriksaan hewan qurban tersebut guna mencegah menularnya penyakit hewan kepada manusia. Sebelum dilakukan pemeriksaan fisik terhadap hewan, pihaknya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan berkas kesehatan hewan dari daerah asal.

"Hari ini ada 41 ekor sapi kita lakukan pemeriksaan. total dokter hewan yang memeriksa hari ini ada tiga,sedangkan untuk tempat lain kita lakukan pemeriksaan secara bertahap, " ucap Bayu, Rabu (23/8).

Sementara itu salah satu Dokter Hewan sekaligus Kasi Peternakan KPKP Jakpus Hasudungan memastikan hewan yang di jual ditempat ini sehat.

"Kami sudah periksa gigi, jantung, suhu,nadi, organ anus semua sehat, untuk suhu sapi disini rata-rata 38 derajat celcius dan itu normal, kalau suhu sudah mencapai 39 derajat itu sudah tidak normal," terangnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan hewan kurban juga memberikan vitamin kepada sapi tersebut. Ia juga memastikan hewan sapi di lokasi ini sehat.

(Kominfotik JP Christ)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait