Sudin Parbud Gelar Kompetisi Seni Pelajar

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jakarta Pusat (Jakpus) mrenggelar kompetisi seni bagi para pelajar. Kompetisi ini diikuti pelajar dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat se-Jakpus, di Gedung Kesenian Miss Tjitjih, Cempaka Putih, Jakpus, Senin (3/9).

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan selain berkompetisi antar pelajar, kegiatan ini dapat menjadi sarana mengenalkan budaya yang ada di Indonesia. Terlebih terhadap anak yang harus ditanamkan kecintaan terhadap budaya sejak dini. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai pembentukan karakter.

"Seni dan Budaya merupakan hal yang dapat mencerdaskan emosi anak, Seni memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter. Pemerintah Jakpus sangat mendukung kompetisi ini," ucapnya saat di wawancarai di gedung kesenian Miss Tjitjih, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (3/9).

Sementara itu, Kasudin Parbud Jakpus, Sonti Pangaribuan mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu ajang kolaborasi antara pihak sekolah dengan Pemkot Jakpus. Sebab, Selama ini, banyak kemampuan luar biasa dari para pelajar yang belum terfasilitasi sehingga tidak berkembang maksimal.

“Dengan adanya sinergitas antara pihak sekolah se-Jakarta Pusat dengan pemerintah, kedepannya dapat tercipta ruang-ruang pengembangan diri yang akan memfasilitasi para pelajar sehingga kemampuan yang dimiliki dapat berkembang dan menghasilkan sebuah prestasi. Bukan hanya untuk sekolahnya, tapi juga untuk Jakpus sendiri,” ungkapnya.

Kompetisi ini akan berlangsung sejak 3-6 September mendatang. Ada sembilan jenis perlombaan yang diikuti 4.152 siswa sesuai jenjang pendidikan diantaranya; lomba tari sekolah TK, lomba menggambar tingkat TK, lomba tari tingkat SD, lomba paduan suara tingkat SD, lomba ansambel (kepiawaian memainkan alat musik keyboard, pianika dan suling) tingkat SD, lomba tari tingkat SMP, lomba paduan suara tingkat SMP, lomba musikalisasi puisi tingkat SLTA dan lomba vocal grup tingkat SLTA. Pemenang dari kompetisi ini akan dikirim ke tingkat provinsi sebagai perwakilan Jakpus.

Kominfotik JP/ Mg-UNJ/Chs/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait