TPS di Kalibaru Barat Dibongkar

Jakarta Pusat, -- Lokasi bekas Tempat Pembuangan Sampah (TPS), di Jalan Kalibaru Barat, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat ditutup.

Lurah Kebon Kosong, Samsul Ma'arief menerangkan, usai ditutup petugas telah melakukan penjagaan ketat sejak sebulan yang lalu. Pasalnya, lokasi TPS ini dipenuhi sampah dan pemulung yang turut mengais rejeki di TPS tersebut.

"TPS dibillangan Jalan Kalibaru Barat ini sudah ada sejak 30 tahun lalu. Tapi sekarang sudah dikosongkan karena TPS sudah tidak layak dan membuat kumuh, kotor dan semrawut lingkungan," terangnya, Selasa (14/11).

Samsul menambahkan, agar masyarakat tidak membuang sampah lagi di lokasi TPS yang sudah dikosongkan itu. Pihaknya mendirikan posko terpadu penanganan penanggulangan pembuangan sampah.posko penjagaan tersebut sudah sebulan lebih

"Ada tiga regu yang disiagakan selama 24 jam. Mereka bergantian jaganya. Kita juga melibatkan petugas Lingkungan Hidup, RT/RW, LMK, FKDM dan warga sekitar," tandasnya.

Menurutnya, penjagaan yang dilakukan itu belum ditentukan sampai kapan. Untuk itu, petugas akan disiagakan agar  tidak ada lagi warga yang  membuang sampah sembarangan.

"Kalau tidak dijaga banyak warga yang buang di sana kembali," ungkap Samsul.

Sementara untuk mengalihkan pembuangan sampah warga yang meliputi tiga RW diantaranya RW 01, 02, 03 diarahkan untuk membuangnya ke TPS pinggir kali sentiong Jalan Kemayoran Gempol.

"Untuk sementara pembuangan sampah warga dialihkan ke TPS pinggir Kali Sentiong, Jalan Kemayoran Gempol sambil  menunggu pembangunan TPS ramah lingkungan yang saat ini dibangun Sudin LH Jakpus dilahan PPKK," tandas Samsul.

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait