Trias UKS Jadi Indikator Lomba Sekolah Sehat

Ketua Tim Penilai LSS Husein. Foto: Ran

Jakarta Pusat, -- Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) menjadi indikator penting dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS).

Hal ini diungkapkan Ketua Tim Penilai LSS, Husein usai meninjau lokasi pembinaan UKS Tingkat Kota, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (23/9).

Menurutnya, trias UKS yang terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat menjadi satu kesatuan dalam penilaian lomba.

Sebab, menurutnya, pendidikan kesehatan akan menjadi hal yang sia-sia bila tidak dilakukan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

"Hal ini dilakukan untuk mewujudkan sekolah yang sehat agar siswanya pintar dan berahlak," ungkapnya.

Husen menerangkan, ada dua tujuan dilakukannya LSS ini di antaranya tujuan umum dan khusus. Tujuan umum, meliputi kenyamanan siswa untuk belajar dengan baik dan sehat di sekolah, serta membangun karakter siswa melalui sekolah sehat.

"Untuk tujuan khusus kita ingin memastikan apakan pembinaan sekolah sehat di sekolah ini berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Apakah sekolah melakukan penjaringan kader sekolah sehat," paparnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait