Wakil Wali Kota Jakpus: Ini Relokasi Bukan Penggusuran

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi saat meninjau penjagaan kawasan trotoar Senen, Senin (9/12). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi menuturkan, petugas yang dikerahkan mencapai 600 orang dalam penjagaan trotoar Pasar Senen oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polri, dan TNI dalam mensterilkan wilayah ini dari pedagang kaki lima yang merupakan upaya relokasi bukan penggusuran.

"Kita inginkan daerah ini tertib, orang bisa lewat, lebih aman, dan tertib di jalan. Makanya kita relokasi, jadi bukan penertiban. Ini adalah relokasi. Jadi pemindahan (pedagang)," kata Irwandi saat meninjau penjagaan kawasan trotoar Senen, Senin (9/12).

Penjagaan, lanjutnya, dilakukan pihaknya sejak pukul 11.00 WIB di sekitar trotoar dan Pasar Senen hingga pukul 22.00 WIB sehingga dipastikan tidak ada pedagang yang berani untuk membuka lapak di trotoar seperti sebelumnya.

Cara ini, kata Irwandi, dilakukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat agar tidak terjadi benturan atau pengangkutan barang dagangan para pedagang karena diketahui para pedagang biasa melapak mulai pukul 14.00 WIB.

"Kita maunya smooth. Kita maunya ini dengan cara kami yang tempati dulu. Jadi mereka (pedagang) tidak menaruh barang. Kita hindari itu. Supaya penjagaannya juga berjalan lancar," kata Irwandi.

Irwandi lebih lanjut mengatakan, PD Pasar Jaya telah menyiapkan tempat relokasi yang lebih nyaman di Metro Atom Pasar Baru sebanyak 108- 110 lapak.

"Itu sudah dipersiapkan PD Pasar Jaya di Pasar Atom. Ada sebanyak 104 pedagang, yang disiapkan dan ada 108- 110 lapak pedagang. Jadi kita berharap memang diisi," ujar Irwandi. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait