Antisipasi Musim Kemarau, 39 Truk Tangki dan 14 Unit Germo Disiapkan Siram Taman

Petugas menyiram tanaman di RTH. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Memasuki musim kemarau, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat mengerahkan 39 kendaraan truk tangki dan 14 unit gerobak motor (Germor) untuk melakukan penyiraman di jalur hijau maupun taman interaktif.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan, penyiraman merupakan pekerjaan pemeliharaan ruang terbuka hijau (RTH) yang dilakukan baik dalam kondisi musim hujan maupun kemarau.

“Intensitas perlakuan penyiraman taman kami bedakan saat bulan basah dan bulan kering. Di mana saat kemarau (bulan kering) intensitas penyiraman lebih tinggi,” jelas Mila saat dikonfirmasi, Rabu (14/4).

Lebih lanjut Mila mengatakan, untuk mendukung kegiatan penyiraman taman yang ada di wilayah Jakarta Pusat, pihaknya didukung armada truk tangki 39 unit dan germor VR 14 unit.

“Selain itu, juga memanfaatkan mesin alcon (pompa portable) untuk mendukung penyiraman terutama di lokasi yang memiliki sumber air setempat seperti kali, sungai, dan sumur pantek,” ungkapnya.

Menurutnya, pada musim kemarau petugas melakukan penyiraman setiap hari di RTH, baik taman maupun jalur hijau di delapan kecamatan. Sedangkan pada musim hujan, petugas melakukan penyiraman saat hujan tidak turun dan menyiram pada lokasi kolong fly over.

Mila mengungkapkan, petugas yang dikerahkan untuk mendukung penyiraman tersebut, masing-masing kendaraan truk tangki terdiri dari dua PJLP yakni satu pengemudi dan satu kenek sekaligus operator siram. Dan untuk germor VR siram satu petugas PJLP.

“Penyiraman sebagian besar dilakukan pada malam hari, ini untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait