Basmi Sarang Nyamuk, Kader Jumantik Periksa Rumah Warga

Petugas Jumantik dan kader PKK Kelurahan Kartini melakukan pembasmian jentik nyamuk. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Memasuki musim penghujan dan dengan menerapkan protokol kesehatan, sebanyak 25 petugas Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dan kader PKK Kelurahan Kartini melakukan Pebasmian Sarang Nyamuk (PSN) di RW 05, Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (8/1).

Kegiatan ini dipimpin langsung Lurah Kartini, Ati Mediana. Bersama petugas Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dan kader PKK menyusuri jalan setapak di wilayah tersebut.

“Para petugas menyebar secara door to door atau dari rumah ke rumah warga untuk melakukan pemeriksaan bak mandi, pas bunga, tempat penampungan air kulkas dan berbagai tempat sarang nyamuk bersarang,” ungkap Ati.

Selain memeriksa keadaan tempat penampungan air, lanjut Ati, para petugas juga melakukan penyuluhan kepada warga terkait penerapan hidup sehat dan bersih di lingkungan keluarga.

Ia juga berpesan agar tetap selalu menjaga protokol kesehatan dan menerapkan 3M (Memakai masker, Mecuci tangan, Menjaga jarak) selama melakukan PSN di tiap rumah warga.

“Setiap petugas kita perintahkan untuk tidak berkerumun serta selalu menjaga kebersihan diri pribadi selama menjalankan tugas PSN ini,” tutup Ati. (As)

 

Kominfotik JP/Zak


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait