Belasan Samhong Dipanen di Rooftop Garden Dinas CKTRP

Belasan Samhong dipanen di Rooftop Garden Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) DKI Jakarta, Jumat (13/3). Foto: Chr

Jakarta Pusat, -- Belasan Samhong dipanen di Rooftop Garden Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) DKI Jakarta, Jumat (13/3).

Sebanyak 18,7 kilogram Samhong dipanen pada hari ini, merupakan hasil kolaborasi antara Dinas CKTRP dengan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat.

Kasubag Umum Dinas CKTRP DKI Jakarta Sudjarwoko mengatakan, pemanfaatan lahan sekitar 300 meter persegi dapat dimanfaatkan untuk urban farming (pertanaman perkotaan). Oleh sebab itu, pihaknya meminta Sudin KPKP Jakarta Pusat untuk membantu memberikan bibit tanaman demi terselenggaranya urban farming ini.

"Perkembangan ke depan, kita kerjasama dengan Sudin KPKP Jakarta Pusat untuk membantu mulai dari bibit hingga teknologinya," terang Sudjarwoko di lokasi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya menghibahkan tanaman hingga teknologi terkait untuk urban farming di rooftop garden ini. Sekitar 350 lubang dari berbagai jenis tanaman tersedia dilokasi ini.

Menurutnya, keberadaan urban farming di rooftop pada kantor pemerintahan merupakan pertama kali di Ibu kota. Oleh sebab itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya untuk menggalakkan urban farming. Harapannya dengan adanya urban farming di kantor-kantor pemerintahan ini dapat ditularkan ke lingkungan sekitar.

"Ini pertama bagi kita adanya urban farming di rooftop. Kalau Dinas PPAPP ada di halaman. Kita juga jajaki dengan dinas-dinas lain untuk mensuport lahannya serta SDM-nya, pihak kita mensuport tanamannya. Dengan adanya urban farming ini bisa meningkatkan ekonomi. Harapannya bisa di tularkan ke lingkungan sekitarnya," tandasnya. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait