Dengan CHSE, Pariwisata Jakarta Pusat Siap Bangkit

Bimtek Program CHSE. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan bimbingan teknis CHSE (clean, health, safety & environment) bagi para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Hotel Sultan, Rabu (23/12).

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata yang melemah akibat pandemi. Para pelaku usaha mendapatkan materi dari narasumber mengenai aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

“Acara hari ini dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu untuk pelaku usaha hotel dan restoran sebanyak 172 orang serta untuk pelaku ekonomi kreatif sebanyak 80 orang. Tentunya pelaksanaannya sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Tadi sebelum acara dimulai juga sudah dilakukan pemeriksaan cepat (rapid test) kepada semua peserta dan narasumber,” ujar Plt Kepala Seksi Industri Pariwisata Sudin Parekraf Jakarta Pusat, Endang Suryantini.

Pelaksanaan bimtek ini merupakan tindak lanjut program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Para pelaku usaha diberikan materi yang sesuai dengan pedoman dari kementerian. Supaya mereka bisa mengurus sertifikasi CHSE,” lanjutnya.

Lebih jauh Endang menjelaskan, program dari Kementerian Parekraf dalam rangka pemulihan ekonomi nasional antara lain adalah Bantuan Langsung Tunai, bimbingan teknis dan bantuan prasarana dan sarana seperti thermal gun, antiseptik, hand sanitizer dan masker. “Sebelumnya kami juga sudah memfasilitasi pendaftaran yang untuk BLT, sedangkan hari ini adalah bimtek supaya mereka memiliki pemahaman yang sama mengenai adaptasi kebiasaan baru dan dapat menerapkannya,” imbuhnya.

Sudin Parekraf Jakarta Pusat optimistis sektor pariwisata dapat tumbuh kembali di tahun 2021. “Dengan adaptasi kebiasaan baru, pariwisata dan ekonomi kreatif siap bangkit. Serta tidak malah menjadi cluster penambahan kasus baru Covid-19,” tutup Endang. (Kominfotik JP/SAF)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait