Ini Menu Takjil Khas Berbagai Daerah di Nusantara

Es Palu. Foto: Ist

Jakarta Pusat, -- Berbuka puasa menjadi momen yang paling dinanti saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Berbagai menu berbuka seperti takjil pun dibuat khusus selama selama bulan Ramadan, tidak hanya di Jakarta, di berbagai daerah di Nusantara punya menu takjil khas yang patut dicoba.

Kominfotik Jakarta Pusat, telah merangkum menu takjil khas nusantara dari berbagai sumber yang ada.

1. Kicak 

Menu takjil yang ini merupakan menu khas kota Yogyakarta dan hanya dijual saat bulan Ramadan. Kicak dapag diolah dari singkong maupun ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, gula, garam, vanili, daun pandan, dan potongan buah nangka. 

 

2. Jejongkong 

Takjil asal Lampung ini merupakan menu adaptasi dari kuliner Tionghoa. Jejongkong ini terbuat dari dari adonan tepung beras, tepung ketan, tepung kanji yang diberi warna, dan perasa dari daun pandan. Perpaduan rasa manis, gurih, dan kenyal sangat cocok dijadikan menu buka puasa. 

 

3. Bubur Kampiun

Menu takjil yang satu ini tidak asing lagi, karena sudah banyak yang menjualnya di Jakarta. Takjil khas Sumatera Barat ini terbuat dari berbagai campuran bahan yang disajikan kedalam satu mangkuk mulai dari bubur sumsum, bubur candil, kolak pisang, ketan hitam, bubur mutiara, dan kacang hijau. 

 

4. Bongko Kopyor

Menu takjil ini merupakan kuliner khas Ramadan dari Kota Gresik. Bongko Kopyor biasanya disajikan dengan cara dibungkus daun pisang. Isinya terdiri dari tepung terigu, serutan daging kelapa muda, pisang, nangka, dan roti tawar.

 

5. Es Palu

Tidak hanya terkenal dengan es pisang ijo, Sulawesi Selatan juga punya Es Palu yang segar untuk menemani berbuka puasa. Es yang terbuat dari potongan pisang kepok kukus, yang ditambahkan bubur tepung beras, disajikan bersama sirup merah dapat menyegarkan tengorokan sekaligus menambah tenaga dari kandungan pisang dan bubur tepung beras yang mengandung karbohidrat. 

 

6. Bubur Samin

Tidak hanya kawasan Jawa, Sumatera, dan Sulawesi yang memiliki menu takjil khas Banjar, Kalimantan Selatan juga memiliki menu khas bubur samin. Bubur yang dibuat dengan campuran beras, kaldu sapi, rempah-rempah, sayuran dan susu. Selain di wilayah asalnya Banjar, bubur terkenal di Kota Solo di mana salah satu masjid di Kawasan Solo membagikan gratis bubur ini kepada warga. 

 

7 Asida 

Maluku juga tak ketingalan memiliki Takjil khas, Asida. Takjil yang menyerupai bola berwarna kecokelatan ini didominasi rasa manis. Terbuat dari adonan terigu, dan air kemudian dibentuk menyerupai bola. Sementara bagian atasnya dilumuri gula yang dicampur bubuk kayu manis, dan lelehan mentega. Selain di Maluku, Asida juga bisa dijumpai di Fakfak, Papua Barat. 

 

8. Kue Lontar 

Menu takjil yang satu ini menjadi menu favorit berbuka masyarakat Papua. Bentuk kue lontar ini menyerupai pai susu dengan ukuran besar. Kue lontar menjadi menu khas masyarakat Papua. Penamaan kue lontar sendiri berasal dari bahasan Belanda londtart atau kue bundar.

Kue lontar yang terbuat dari tepung terigu, susu, dan mentega ini bertekstur lembut dibagian dalam dan renyah dibagian kulit. Rasanya yang manis pasti membuat penyuka kue ketagihan pada cita rasanya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait