Kali Utan Kayu Kemayoran Dikeruk

Kali Utan Kayu, Kemayoran dikeruk. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) melakukan pengerukan di Kali Utan Kayu, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasetpel) Kemayoran, Supriyadi mengatakan, lumpur kali Utan Kayu yang melintasi dua wilayah yakni Kelurahan Sumur Batu dan Cempaka Baru dikeruk. Pengerukan dilakukan agar bisa menampung debit air lebih banyak sekaligus untuk mengantisipasi genangan di wilayah Kecamatan Kemayoran.

Pengerukan kali Utan Kayu sepanjang 1.000 meter dan lebar 10 meter tersebut di mulai dari Pintu Air Honda sampai Pom Bensin menggunakan dua alat berat yaitu dua unit ampibi dan satu longarm dan truk pengangkut lumpur lima unit.

"Lumpur yang dikeruk ke dalamannya mencapai dua meter menggunakan ampibi dan longarm, agar menampung debit air lebih banyak sekaligus antisipasi banjir,“ kata Supriyadi saat dikonfirmasi, Jumat (23/10).

Lebih lanjut Supriyadi mengatakan, pengerukan kali Utan Kayu melibatkan tiga petugas alat berat, lima orang supir truk dan enam petugas pengatur lalu lintas. Dari hasil pengerukan tersebut terlebih dahulu dilangsir setelah banyak baru diangkut pakai truk dan dibuang ke PLTU Ancol, Jakarta Utara.

"Satu hari diperkirakan sampah lumpur yang diangkut mencapai 25 meter kubik," jelasnya.

Sementara itu, Camat Kemayoran, Asep Mulyaman menambahkan, sangat mengapresiasi atas dikeruknya kali Utan Kayu oleh SDA Jakarta Pusat. Pengerukan ini juga dilakukan menindaklanjuti permintaan warga, sebab kali Utan Kayu dirasa sudah dangkal lantaran sendimen lumpur sudah tinggi dan mengedap di kali tersebut.

"Mudah-mudahan dengan dikeruknya kali Utan Panjang dapat mengurangi atau meminimalisir banjir atau genangan di wilayah Kemayoran," harap Asep. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait