Pemkot Jakpus Buat Kolam Retensi di Jalan Batu Ceper

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin meninjau pembangunan kolam retensi di Jalan Batu Ceper. Foto: Rif

Jakarta Pusat, -- Konsep dasar dari kolam retensi adalah menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan-lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat bergegas membuat kolam retensi di Jalan Batu Ceper, RW 01, Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (29/11).

"Pembangunan kolam retensi ini untuk mengatasi genangan atau banjir," kata Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin didampingi Camat Gambir, Fauzi dan Lurah Kebon Kelapa, Nurbin Tumbur Togar saat meninjau pembangunan kolam retensi.

Lebih lanjut Iqbal menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan rangkaian menuntaskan enam prioritas pencegahan genangan di wilayah Jakarta Pusat.

"Kita sangat intens membuat terobosan baru untuk meminimalisir genangan atau banjir," tegas Iqbal.

Iqbal mengungkapkan, pembangunan kolam retensi sepanjang 69 meter ini rencananya akan selesai awal Desember 2020. "Mudah-mudahan dengan upaya ini wilayah Jakpus zero dari genangan dan banjir," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana (Kasetpel) SDA Kecamatan Gambir, Satino mengungkapkan, pekerjaan pembangunan kolam retensi di Jalan Batu Ceper panjangnya mencapai 69 meter dengan dimensi 2 x 2 meter. Sedangkan yang sudah selesai dikerjakan sepanjang 40 meter.

"Pengerjaan pembangunan kolam retensi ini melibatkan 20 personil Satgas SDA kecamatan. Insyaallah, awal Desember sudah rampung," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait