Ribuan Tanaman Hias Bakal Hijaukan Kota Jakarta Pusat

Satgas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat sedang menanam tanaman hias. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat akan melakukan penghijauan dengan menanam 200 ribuan jenis tanaman hias di beberapa lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Saat ini kita sedang melakukan penghijauan di beberapa lokasi RTH (taman dan jalur) termasuk juga pada fasilitas hasil penataan trotoar oleh Dinas Bina Marga seperti, di Jalan Kramat-Salemba,” jelas Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda saat dikonfirmasi, Selasa (8/12).

Menurutnya kegiatan penghijauan dengan menanam 200 ribuan jenis tananaman hias selain mempercantik dan memperindah kota juga dapat memperbaiki kualitas udara.

“Adapun jenis tanaman hias yang ditanam yaitu, bogenville, pretty pink, loropetalum, crossandra, aralia, heliconia, bromelia, walisongo, pakis kelabang, taiwan beauty, kembang sepatu, pucuk merah, tecomastan, dan palem kol,” ungkapnya.

Untuk saat ini, lanjutnya, sebanyak 50 Satgas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat sedang menanam jenis tanaman bogenville sebanyak 18.000 di fasilitas hasil penataan trotoar di Jalan Kramat-Salemba.

“Dalam satu hari petugas mampu menanam sebanyak 5.000 hingga 10.000 polybag tanaman, tergantung dari ketersediaan dan besar kecilnya tanaman serta cuaca,” katanya.

Penghijauan yang sudah dilakukan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat yakni, di Jalan Cikini Raya, Jalan Bawah Stasiun Cikini depan Megaria, DPP Golkar, dan Jalan Suprapto. Sedangkan yang dalam proses penghijauan yaitu di Jalan Kramat-Salemba, Segitiga Patung Adipura depan Masjid Istiqlal dan akan terus berlanjut ke lokasi lain.

“Insyaallah sebelum akhir tahun semua program pekerjaan penghijauan di wilayah Jakarta Pusat sudah selesai,” tandasnya. (As)

               

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait