13. 000 Kubik Lumpur Berhasil Diangkut Di Phb Jakpus

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 138 saluran Penghubung (Phb) di wilayah Jakarta Pusat terus dibersihkan petugas Suku Dinas (Sudin) Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Pusat. Dari jumlah tersebut, sekitar 51 saluran Phb telah dibersihkan petugas dengan total 13.000 kubik sedimen lumpur berhasil diangkut petugas.

Berdasarkan keterangan Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat, Boris Karlop Lumbangaol pihaknya telah membersihkan saluran PHB dengan panjang 43 Kilometer. Pengerjaan mulai dari Januari hingga 31 Mei tersebut sudah 51 Phb yang dibersihkan 94 petugas dengan 5 kepala regu.

“Petugas setiap hari selalu bersihkan phb, panjang saluran yang dibersihkan berbeda-beda. Ada yang panjang 200 meter dan bahkan ada yang mencapai 1 Km seperti dari lampu merah hotel Acacia hingga Paseban,” ucapnya kepada Kominfomas JP, Senin (13/6).

Sedangkan sedimen lumpur yang diangkut petugas kemudian dibuang ke daerah Jalan Jaksa, Komplek Kejaksaan, Karang Tengah, Cileduk, Jakarta Barat. Sekitar 8 truk dikerahkan untuk mengangkut lumpur yang telah dimasukkan ke dalam karung. Perlu diketahui, sebenarnya setelah dimasukkan ke dalam karung petugas tidak langsung membuang harus didiamkan terlebih dahulu hingga kandungan air dilumpur habis.

“Normalnya sih satu hari. Ya tapi sekarang petugas kami tidak sampe satu hari langsung diangkut untuk dibuang. Kita juga kerahkan 2 mobil penyedot air yang difungsikan jika dalam saluran tersebut masih banyak air. Petugas menyedot dengan mobil tersebut untuk memindahkan air ke saluran lainnya agar proses pembersihan lumpur bisa dilakukan,” terangnya.(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait