Antisipasi Genangan 71 Jerapah Dipasang

Lurah Cempaka Putih Timur, Sri Hatmo, saat mantau pembuatan Jerapah besi di halaman Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kamis (17/1). Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Guna mengatasi genangan saat hujan lebat beberapa saluran yang meliputi RW 03, 04, 05, 06, 07, dan 08 yang mengarah ke sungai atau kali, dipasangi Jaring Keramba Sampah (Jerapah) yang terbuat dari kayu atau bambu, di Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Lurah Cempaka Putih Timur, Sri Hatmo mengatakan pembuatan Jerapah berawal dari rasa keperihatinan setiap musim penghujan selalu ada genangan di beberapa lokasi.

"Setelah dilakukan pengecekan ternyata sumber genangan tersebut berasal dari sampah yang menyangkut di gorong-gorong, ditambah banyaknya utilitas kabel dan pipa serta lain-lain sehingga menghambat saluran air," jelasnya, saat memantau pembuatan Jerapah besi di halaman Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kamis (17/1).

Menurutnya, tidak perlu biaya lebih dalam pembuatan Jerapah, karena bahan bakunya dari bambu atau kayu bekas limba steger milik warga yang sedang membangun.

“Alhamdulillah, saat ini sudah terpasang Jerapah di 71 lokasi dan selain mengatasi genangan, Jerapah tersebut berfungsi menjaring sampah sehingga saluran yang mengarah ke sungai atau kali tetap bersih," ungkapnya.

Menurut Sri Hatmo, mengingat Jerapah terbuat dari kayu atau bambu mudah rapuh maka pihaknya bekerjasama dengan Pokja Kota Sehat yaitu Ketua RW.04, Krido Samiko mencari CSR untuk mengumpulkan besi batangan milik warga yang sedang rehab rumah.

"Besi hasil limbah dari warga tersebut dibuat Jerapah yang permanen, hingga Desember 2018 sudah 21 unit Jerapah kayu atau bambu diganti dengan besi," pungkas Hatmo. (as)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait