Normalisasi Saluran Pemukiman Kelurahan Kartini Terus Dikebut

Normalisasi saluran dipemukiman Kelurahan Kartini, terus dikebut Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Sawah Besar. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Normalisasi saluran dipemukiman Kelurahan Kartini, terus dikebut Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Sawah Besar, guna mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan tiba.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Sudin SDA Kecamatan Sawah Besar, Nanang menerangkan jajaranya tengah gencar melakukan normalisasi perlebaran saluran dengan berbagai ukuran. Diharapkan dengan adanya normalisasi ini dapat menampung aliran volume air hujan dari badan jalan.

"Tujuannya ialah antisipasi banjir, kita lakukan pengurasan, dan normalisasi saluran di Jalan Kartini Raya, Jalan Kartini 6, serta Jalan Kartini 7A masih dalam proses pengerjaan," kata Nanang, Selasa (22/10).

Ia menjelaskan, kawasan yang paling rawan genangan berada di Jalan Kartini 5. Sementara normalisasi yang dilakukan pihaknya adalah mengganti turap lama dengan material udit dan batu kali.

"Sejak tiga bulan lalu, telah dikerjakan oleh 30 Satgas dan satu unit beko. Kendala yang sering terjadi adanya pohon di badan saluran dan utulitas kabel yang menjadi hambatan saat normalisasi dilakukan," jelasnya.

Nanang mengungkapkan, beberapa saluran yang dinormalisasi berukuran 40-60 cm. Kemudian pelebaran saluran ditambahkan sekitar 40 cm karena ukuran udit yang besar. Pelebaran saluran diharapkan dapat menampung volume air saat musim hujan datang.

"Selain normalisasi, tujuh rumah pompa di Sawah Besar sudah aktif semua. Ada juga pengurasan di 28 titik saluran yang rampung dikerjakan. Pengerjaan pengurasan yang masih berlangsung ada di Jalan Tiangseng, Jalan Lautze Dalam, dan Jalan Laksana B1," tutupnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait