Pemkot Jakpus Beri Bantuan Korban Kebakaran Bungur

Jakarta Pusat, -- Pasca kebakaran yang menghanguskan 16 rumah warga di RT 03/RW 08 Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Pemerintah Kota Jakarta Pusat memberikan sejumlah bantuan kepada korban.

Wali Kota Jakpus Mangara Pardede beserta Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD) langsung meninjau lokasi kebakaran tersebut. Dalam kesempatan itu, Mangara juga sempat  menengok satu per satu bangunan yang hangus yang ada di gang-gang sempit. 

Pihaknya juga  mengecek ketersediaan bahan makanan dan logistik lainnya yang berasal dari bantuan pemerintah maupun masyarakat. Menurutnya, Pemkot Jakpus akan memberikan bantuan pangan maupun logistik lainnya hingga satu minggu kedepan. 

"Tadinya kita ingin memberikan bantuan tiga hari, tapi melihat kondisi seperti ini sekarang bantuan akan diberikan sampai satu minggu ke depan bahkan lebih tergantung kebutuhan,"  ucap Mangara kepada awak media usai menengok para korban kebakaran.

Para korban juga sempat meminta bantuan material bagunan untuk perbaikan rumah, namun Mangara menjelaskan pihaknya harus berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Prmprov) DKI Jakarta. Sebab  hal tersebut merupakan kewenangan Pemprov terkait bedah rumah. 

"Saat ini kelihatannya sulit karena untuk mengajukan sebuah rumah untuk dibedah itu ada syaratnya. Salah satunya adanya sertifikat tanah. Nah, di sini sertifikatnya belum lengkap karena rumah-rumah yang terbakar ini berdiri di atas tanah verponding (tanah warisan Belanda, red)," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sosial Jakpus Susan Budi Susilowati mengatakan pihaknya telah mengirimkan bantuan pangan seperti mie, beras, sarden, minyak. Sementara untuk kebutuhan pengungsian seperti tikar, terpal, selimut, matras juga sudah diberikan.

"Pakaian wanita, pria, paket dapur keluarga, pampres, sarung, sajadah, kursi roda dan bantuan lainnya," paparnya. 

 

Kominfotik JP/Chs/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait