Pemkot Jakpus Gelar Puncak Gebyar Budaya Betawi

Jakarta Pusat, --
Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar puncak gebyar budaya betawi, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Jumat (12/10). 

Dalam kegiatan itu sejumlah kesenian ditampilankan seperti lenong dan palang pintu. Ratusan masyarakat pun turut hadir menyaksikan puncak gebyar budaya betawi ini.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat (Jakpus), Iqbal Akbarrudin menyatakan kegiatan ini merupakan pelestarian dan pembinaan terhadap seni dan budaya betawi dan kearifan lokal. Sehingga, diharapkan kota Jakarta, khususnya Jakpus menjadi kota yang berbudaya dan memiliki karakter. 

"Pagelaran seni budaya seperti ini harus diapresiasi dengan baik, karena menumbuhkembangkan budaya betawi pada semua elemen masyarakat," ungkapnya. 

Kedepan, pihaknya mengharapkan bukan hanya kesenian betawi saja yang dikenal masyarakat tetapi juga kuliner dan icon budaya betawi seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Gubernur no 11 tahun 2017. 

"Kita sebagai masyarakat betawi harus bangga dengan budaya kita, jangan minder. Kedepan kita dorong agar Sudin Pariwisata memasukan bir pletok dan kerak telor menjadi menu hotel yang ada di Jakpus," tambahnya. 

Di tempat yang sama, Kasudin Pariwisata Sonti Pangaribuan mengungkapkan, kegiatan puncak gebyar budaya betawi ini merupakan puncak perayaan dari lomba gebyar betawi yang dilakukan pada 8-11 Oktober lalu. Menurutnya, ada 4 perlombaan yakni lenong, palang pintu, gambang kromong, dan silat. Ada 905 orang dari total 65 grup yang ikut dalam perlombaan gebyar budaya betawi ini. 

"Sejak awal tujuan kami ingin melestarikan dan mengembangkan budaya betawi. Ternyata ini direspon sangat baik dengan adanya 65 grup yang mengikuti perlombaan ini. Tentunya, ini membuktikan masih ada seniman betawi yang masih aktif," ungkapnya. 

Pada puncak gebyar ini menurutnya, selain menanpilkan pertunjukan kolosal dari para pemenang lomba, kegiatan ini juga sekaligus penyerahan hadiah berupa uang pembinaan untuk para pemenang 1,2,3, dan harapan 1-2 dari masing-masing kategori lomba. 


Berikut para pemenang lomba; 
Untuk kategori palang pintu: 


Juara 1- AL Amin 
Juara 2- Galeri Betawi
Juara 3-Kharisma Betawi 
Harapan 1-Pesona Betawi
Harapan 2-EL Sandus 


Untuk kategori pencak silat 
Juara 1- Mushola Nur Islam 
Juara 2-Perguruan Tiga Berantai 
Juara 3-Rahmat Tenabang 
Harapan 1-Permata Sakti 
Harapan 2-Sikumbang 


Untuk Kategori Gambang Kromong
Juara 1-Sanggae Akusara 
Juara 2-Sanggar Senu Kelana Betawi 
Juara 2-Sanggar Dendang Jakarta 
Harapan 1-Sanggar Tetunotu

Harapan 2-SDN 01 Gunung Sahari Selatan 

Untuk Kategori Lenong 
Juara 1-Ronce Melati 
Juara 2-Teater Embrio 
Juara 3-Si Kumbang
Harapan 1-Teater Avron
Harapan 2-Sebbet 

Kominfotik JP/NEL 

 

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait