Peringati Hari Rabies, Sudin KPKP Jakpus Gelar Vaksin Hewan Peliharaan

Memperingati Hari Rabies se-Dunia Sudin KPKP Jakpus menggelar vaksinasi terhadap hewan peliharaan, di Komplek Kodam, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/10). Foto: Ran

Jakarta Pusat, -- Memperingati Hari Rabies se-Dunia, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Pusat menggelar vaksinasi terhadap Hewan Penularan Rabies (HPR) di Komplek Kodam, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/10).

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk memperingati Hari Rabies se-Dunia.

Perlu diketahui, lanjutnya, bahwa DKI Jakarta bebas rabies sudah dari tahun 2004 hingga saat ini. "Ini juga bentuk konsisten kita menjaga DKI Jakarta dari hewan penular rabies. Langkah kita seperti pemberian vaksin secara gratis, dengan cara jemput bola atau pun sosialisasi agar masyarakat mengetahui adanya suntik rabies untuk hewan mereka," terang Suharini Eliawati didamping Camat Kemayoran, Asep dan Kasie Peternakan Jakarta Pusat, Hasudungan.

Masih kata Suharini Eliawati, DKI Jakarta yang menjadi destinasi wisata dan menjadi ibu kota negara manjadi acuan pencegahan penularan HPR. Perlu diketahui bahwa kasus kematian akibat rabies mencapai 59 ribu di dunia.

"Sejauh ini kita lihat warga sangat antusias melakukan vaksinasi hewan mereka. Jenis hewan yang divaksin, kucing, anjing, kera, dan musang," ungkapnya.

Sementara itu, Rizky (34) salah satu pemilik anjing yang ikut dalam kegiatan vaksin merasa senang dengan adanya kegiatan vaksin secara gratis. Dengan pemberian vaksin ini sangatlah diuntungkan karena hewan kesayangan tidak terjangkit rabies. "Senang kita ada kegiatan ini apalagi gratis," ucapnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait