Warga Cikini Kembali Panen Sayuran

Jakarta Pusat, -- Warga Rt.07/01 Kelurahan Cikini, Menteng Jakarta Pusat, kembali melakukan panen yang kesekian kalinya. Kali ini panen sayuran jenis sawi caysim manis dan bayam merah dan hijau dilakukan Wakil Walikota Jakpus, Bayu Meghantara dan Sekretaris Kota, Zainal, Jumat (15/7).

Hendra, Ketua RT. 07 Kelurahan Cikini mengatakan, jenis tanaman sayuran sawi dan bayam menjadi idola warga, karena masa tanamnya relatif pendek yaitu sekitar 21 hari. Jenis tanaman sayuran ditanam dengan sistem Hidroponik, sehingga rasa sayuran agak manis dan renyah. “Bibit sayuran serta perkakasnya bantuan dari Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta. Dan kami bersama warga menanam dengan bimbingan dari team Penyuluh dari Sudin KPKP Jakpus,”  jelas Hendra.

Menurut Bayu, menanam dengan sistem hidroponik sangat efisien dan mudah karena tidak memerlukan lahan yang luas. Kegiatan ini, menurutnya, juga cocok bagi pensiuan atau warga yang mempunyai lahan terbatas. Ia juga menghimbau kepada warga agar memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayuran jenis sawi maupun bayam, karena masa panennya sangat cepat. “ Kan lumayan buat kehidupan kita sehari-hari,” ucapnya.

Sementara Ka.Sudin KPKP Jakpus, Bayu Sari, mengatakan, pihaknya rutin memberikan penyuluhan pertanian kota di lingkungan Rt.07/01 Kelurahan Cikini. Karena sayuran yang dipanen masih minim, hasilnya dikonsumsi sendiri.

“Jenis yang ditanam di Rt.07 terdiri sawi, bayam, kangkung, pakcoy. Seluruh tanaman yang ditanam melalui sistem hidroponik, sedangkan untuk cabai, tomat, terong menggunakan media tanah,” ungkap Sari. (AD Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait