Beranda Betawi Sudin Pusip Jakpus, Mengenalkan Tokoh dan Budaya Betawi

Kadis Pusip DKI sedang melihat Beranda Betawi. Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) DKI Jakarta meninjau Beranda Betawi yang digelar suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat, di Selasar Lantai 1, kantor setempat.

Beranda Betawi merupakan implementasi Peratauran Gubernur DKI Jakarta Nomor 76 tahun 2018 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 4 tahun 2015 Pelestarian Budaya.

Kadis Pusip DKI Jakarta, Wahyu Haryadi mengatakan, keberadaan Beranda Betawi sangat baik, karena ini untuk mengangkat sekaligus melestarikan kearifan lokal Budaya Betawi yang sudah hampir banyak orang lupakan.

"Peranan perpustakaan dalam melestarikan kearifan lokal dan koleksi ke Jakartaan sangat dibutuhkan, agar anak-anak zaman now tahu akan Budaya Betawi," ujar Wahyu, Kamis (23/7).

Menurutnya dengan adanya Beranda Betawi ini makin bertambah koleksi Betawi sehingga masyarakat makin mengenal dengan kearifan lokal Budaya Betawi seperti tokoh Betawi, kesenian Betawi, buku buku tentang Betawi, makanan khas Betawi dan lain-lain.

Sementara itu, Kasudin Pusip Jakarta Pusat, Meti Lastri berharap dengan adanya Beranda Betawi, budaya betawi dapat semakin melekat dan menajdi rujukan bagi masyakarat. Khususnya  yang membutuhkan leteratur Betawi.

"Beranda Betawi yang berada di Selasar  Lantai 1 Sudin Pusip Jakarta Pusat bernuansa betawi dari rumah adat Betawi tersebut menampilkan berbagai koleksi buku tentang Jakarta dan budaya Betawi, foto-foto Gubernur, Wali Kota, Seniman, dan tokoh kenamaan Betawi dan lain-lain," ungkap Meti. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait