Peringati Hari Ibu, TP PKK Jakpus Gelar Rapid Tes Gratis Bagi Perempuan

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat meninjau pelaksanaan rapid tes di Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-92, Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat gelar rapid tes gratis untuk kaum perempuan, di Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (15/12).

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi membuka langsung kegiatan rapid tes gratis untuk kaum perempuan tersebut.

Menurutnya, kegiatan rapid tes ini harus terus dilakukan guna memerangi Covid-19. Terutama bagi ibu-ibu PKK karena mereka merupakan ujung tombak utama.

"Ibu PKK merupakan emak-emak yang full power, mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat kota mereka selalu aktif membantu pemerintah," ujar Irwandi dalam sambutannya.

Lebih lanjut Irwandi mengatakan bahwa program seperti ini sangat berkesinambungan dengan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Jangan sampai kita menggebu-gebu memerangi Covid-19 tetapi kita lalai memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Ini tidar benar," tegasnya.

Sementara itu, Plt Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Emma Gema Diana menjelaskan, rapid tes gratis untuk kaum perempuan ini dilaksanakan atas kerja sama TP PKK Kota Jakarta Pusat dengan para mitra kerja PKK yang peduli terhadap kesehatan masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

'Tujuan kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah dalam deteksi dini guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan sasaran yakni perempuan dari unsur pengurus PKK kota, kecamatan, kelurahan, lansia, dan remaja berjumlah 100 orang," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, Rosvita menambahkan, petugas yang dikerahkan sebanyak 15 orang dari enam Puskesmas Kecamatan dan menggunakan rapid tes anti gen yang langsung diketahui hasilnya positif atau negatif.

"Jika kedapatan ada yang positif maka langsung di swab dan  menunggu hasil swab dua hingga tiga hari," ungkapnya.

Kegiatan rapid tes ini dalam rangka Hari Ibu ke-92 dimulai pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait