Warga CPT Ubah Lahan Parkir Jadi Kebun Taman Solo Hidroponik

Lurah Cempaka Putih Timur meninjau Kebun Hidroponik Taman Solo. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Warga RW 04 Kelurahan Cempaka Putih Timur (CPT) mengubah lahan parkir menjadi Kebun Hidroponik Taman Solo (Khitas).

Lurah Cempaka Putih Timur, Shinta Purnama Sari menerangkan, inisiatif warga mengubah lahan parkir dan bengkel ini berawal dari keadaan lahan yang sudah tak terawat. Kemudian, pihaknya melakukan penataan di kawasan tersebut. Selanjutnya, mendapat bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) yang sebelumnya sudah membuat kampung hidroponik di kawasan RW 06.

"Karena keberhasilan di RW 06 yang memberi dampak positif bagi lingkungan dan membuka lapangan kerja bagi warga, dibuatlah Khitas di RW 04 ini, " ungkapnya, saat ditemui di Kebun Hidroponik Taman Solo, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

Shinta juga mengatakan, sudah ada kelompok tani yang terbentuk di RW 04 ini di mana RW 06 yang menjadi pembinanya. Bahkan, sudah ada kerjasama dengan toko untuk menerima hasil panen dari RW tersebut. Warga sekitar juga banyak yang tertarik membeli sayuran di lokasi karena dapat memetik sendiri.

"Ini menjadi ketahanan pangan bagi warga di masa pandemi Covid-19. Selain bisa dikonsumsi pribadi, hasilnya bisa dijual dengan sistem bagi hasil. Kita juga bisa mengalihkan mereka menjadi petani perkotaan yang bisa kita bina," paparnya.

Selain itu, Sinta juga menambahkan lokasi Khitas ini juga bisa dimanfaatkan warga maupun siswa sekolah sebagai lahan edukasi pelatihan hidroponik.

Sementara itu, salah satu warga RW 06, Jaka menerangkan ia dapat menjual hasil panen hidroponiknya seharga Rp. 10 ribu per 250 gram.  Hasil panen seperti sawi, pakcoy, chasim, biasanya langsung habis diserbu warga.

"Kalau masa panen, kita kasih info ke warga. Mereka biasanya beli dan langsung habis. Hasil penjualan kita belikan benih dan rokul untuk menanam kembali. Jika masih ada sisa itu rezeki kami," katanya. 

Untuk diketahui, pada Minggu (16/8) Kebun Hidroponik Taman Solo telah diresmikan dan dihadiri Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Bayu Meghantara. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait